Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Merk Ban Motor Terbaik Tidak Licin Awet Murah dan Terbaru

Ban Motor Terbaik - Ban merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang memiliki peranan sangat penting, ban motor sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu Ban Tubeless dan Ban Tubetype yang sangat familiar keberadaannya. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya, baik itu dari ketahanan ban sampai harga ban motor tersebut. Terlepas dari hal itu penting untuk diketahui pengendara bahwa ban motor botak sangat tidak dianjurkan untuk dipakai, karena ban motor licin dan resiko kecelakaan lebih besar terjadi. Oleh sebab itu penggunaan ban motor terbaik dengan kembangan ban yang masih tebal sangat dianjurkan agar ban tidak licin saat melewati jalanan yang basah.

Menyikapi masalah tersebut beberapa vendor ban motor terkenal di Indonesia, memberikan solusi dengan mengeluarkan seri-seri produk ban terbaik miliknya. Beberapa di antaranya seperti: IRC, Michelin, Dunlop, FDR, Bridgestone, Aspira, dan merk ban motor terbaik lainnya yang bisa Brosis simak di bawah ini. Salah satu ciri-ciri ban motor yang bagus biasanya tekstur ban ulet dan tidak mudah getas, selebihnya ban motor awet dan tahan lama. Tips lainnya saat membeli ban motor jangan lupa untuk mencatat ukuran ban, biasanya terdapat pada dinding ban yang menunjukan ukuran ring pelek.

Ban motor terbaik bukan hanya karena kualitas dan brandnya yang terkenal, tetapi juga datang dari cara merawat ban motor itu sendiri. Banyak sudah ban motor dengan kondisi yang masih baru cepat sekali rusak, hal ini tentu saja membuat kita merasa kesal. Nah, untuk mengatasi ban motor cepat rusak berikut sedikit tips yang bisa Brosis lakukan. Selalu perhatikan tekanan angin ban motor, baiknya gunakan ukuran standar. Selain itu membawa beban berlebihan diatas batas muatan maksimum sepeda motor juga berbahaya, cek juga shock breaker motor apa masih layak atau sudah rusak (bocor). Terakhir tips yang sering kita lupakan yaitu saat memarkir motor dalam waktu yang lama dianjurkan menggunakan standar tengah, sebaliknya jika sebentar cukup pakai standar samping saja.


Merk Ban Motor Terbaik

Ban Motor
Ban Motor

Rekomendasi merk ban motor terbaik di Indonesia ini merupakan kumpulan dari banyaknya pabrikan ban Tanah Air dengan berbagai seri produk ban terbaiknya dengan kelebihan dan kekurangan ban motor tersebut.

1. Ban Motor Michelin

Ban Motor Michelin
Michelin
Harga: Rp 245.000 – Rp 1.960.000

Pabrikan ban Michelin memang terkenal dengan produk ban model sporty dengan kontur kembangan ban yang bergaris melintang. Selain itu desain ban tersebut juga ditujukan untuk meredam getaran akibat jalanan yang bergelombang. Lebih lanjut lagi ketebalan ban yang cukup baik, nyatanya membuat motor lebih mudah dikendalikan dan semakin nyaman digunakan.

Pabrikan ban yang sudah berdiri dari tahun 1907 ini juga memperhatikan kualitas bahan material pembuatnya. Terbuat dari karet sintetis berkualitas terbaik untuk ban motor awet dan tahan lama. Proses research dan Development ban detail dan hati-hati, menjadikan ban motor Michelin sangat berkualitas.

Ban motor Michelin yang ikut meramaikan ajang balap Internasional MotoGP dan Formula 1 ini, memiliki banyak varian dan tipenya. Baik itu ban motor tubeless dan tubetype, dengan varian motor harian seperti motor matic, sport, trail, serta moped.

2. Ban Motor Pirelli

Ban Motor Pirelli
Pirelli
Harga: Rp 250.000 – Rp 2.350.000

Dikenal sebagai salah satu ban motor terbaik berkualitas premium, pabrikan ban motor Italia ini menjawabnya dengan suguhan kemampuan ban yang sangat handal. Salah satu buktinya Brosis pasti sering lihat merk ban Pirelli ini wara-wiri di ajang Internasional sekelas MotoGP, F1, Superbike, dan GP3. Oleh karena itu tidak heran jika ban Pirelli banyak dijadikan sebagai ban OEM pada kendaraan mewah.

Selain itu desain ban motor Pirelli ini juga sporty dan modern sehingga sangat pas disandingkan dengan motor keluaran terbaru yang kebanyakan mengusung tema tersebut. Tersedia dalam berbagai macam varian jenis ban motor, baik itu untuk motor matic, bebek, sport, dan lainnya. Sayangnya untuk harga ban motor Pirelli memang lebih mahal akan tetapi semuanya sebanding dengan kualitasnya, baik dari segi kekuatan dan keawetannya hingga performa ban yang maksimal.

3. Ban Motor IRC

Ban Motor IRC
IRC
Harga: Rp 130.000 – Rp 500.000

Inoue Rubber Company atau IRC adalah salah satu ban motor terbaik di Indonesia, terkenal dengan produk ban motor yang bagus. Hal ini terbukti dari penggunaan ban IRC sebagai ban OEM pabrikan otomotif roda dua Tanah Air.

Ban IRC yang bermarkas di Jepang ini nyatanya juga sangat digemari kalangan pengguna motor Indonesia, harga ban motor yang murah dan mempunyai kualitas terbaik. Hal ini lantaran ban ini sudah dilengkapi dengan fitur Non-Aromatic Oil dan Low Rolling Resistance serta Advance Heat Resistance Compund yang berperan sebagai stabilizer suhu angin dalam ban ketika sepeda motor berakselerasi kencang dengan jarak tempuh yang jauh. Lebih dari itu model kembangan ban motor ini juga sangat indah dengan hambatan gulir rendah.

4. Ban Motor Bridgestone

Ban Motor Bridgestone
Bridgestone
Harga: Rp 1.290.000 – Rp 2.130.000

Merk ban motor Bridgestone mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga pecinta otomotif Tanah Air, ban motor terkenal ini memang memiliki kualitas jempolan. Bridgestone sendiri sudah bermain di sektor penjualan ban dalam kurun waktu yang lama, jadi tidak heran kualitas ban produk buatannya sangat terjaga yang menjadikannya sebagai salah satu merk ban motor terbaik saat ini.

Jika dilihat secara seksama tentang desain kembangan ban motor Bridgestone ini memang sedikit arang dengan corak yang memanjang, ini dimaksudkan untuk memaksimalkan kemampuan ban dalam mencengkram baik kondisi kering maupun basah. Selain itu jika terjadi gesekan ban secara mendadak seperti saat pengereman, ban motor ini masih dapat bekerja secara optimal.

Produk ban buatan Jepang yang sering ikut meramaikan ranah ajang balap Internasional sekelas MotoGp dan Formula 1 ini memang memiliki banderol harga yang cukup tinggi. Harga ban motor Bridgestone ini dilepas di pasaran Indonesia dengan angka mencapai jutaan rupiah perbannya.

5. Ban Motor Dunlop

Ban Motor Dunlop
Dunlop

Harga: Rp 150.000 – Rp 1.630.000




Merk Dunlop didunia pasaran ban Tanah Air memang sudah sangat familiar, terlebih lagi dengan desain dan kemampuan ban motor terbaik ini yang mampu melibas berbagai medan jalanan. Dibekali teknologi Hydro Paddle yang mampu membuang air keluar secara efisien ketika motor melewati jalanan yang licin. Alhasil ban motor tidak licin dan tetap bisa mencengkram dengan kuat meskipun di jalanan basah sekalipun.

Salah satu alasan kenapa perusahaan ban asal Inggris ini masih bisa berdiri selama lebih dari satu abad lamanya yaitu karena kualitas material pembuat ban yang bermutu tinggi. Salah satunya penggunaan Soft Compound Anti Slip, material ini memungkinkan ban motor tidak mudah selip sekaligus menguatkan daya cengkram ban terhadap permukaan jalan. Selebihnya untuk jalanan dengan tipikal kering dan basah pun tidak masalah. Hal yang menarik lainnya yaitu harga ban Dunlop yang murah sehingga sangat ramah dikantong masyarakat.

6. Ban Motor FDR

Ban Motor FDR
FDR
Harga: Rp 100.000 – Rp 530.000

Ban motor lokal terbaik yang bisa Brosis beli selanjutnya yaitu ban FDR, ban motor buatan Indonesia ini mempunyai kelebihan tersendiri. Material pembuatan ban yang berkualitas dengan dukungan Teknologi Dual Compound yang memungkinkan karet ban lebih kuat dan awet.

Sisi menarik dari ban motor lokal ini adalah sudah dilengkapi dengan Teknologi Penguncian Bead Wire, hal ini sangat berperan dalam menahan posisi ban supaya menempel pada velg motor lebih kuat. Alhasil ketika mengendarai motor dengan ban FDR ini serasa lebih stabil walaupun melewati jalanan yang tidak rata.

Selain itu desain kembangan ban motor yang apik dibantu Teknologi Aquo Driven berbentuk seperti huruf "V" memungkinkan ban motor mencengkram lebih kuat saat melewati di jalanan yang licin karena kemampuannya yang dapat membelah air dengan kembangan yang tegas dan mantap.

7. Ban Motor Zeneos

Ban Motor Zeneos
Zeneos
Harga: Rp 120.000 – Rp 470.000

Ban Zeneos dikenal sebagai ban motor yang bagus dengan kualitas ban unggulan, hal ini diwujudkan dalam setiap produksi ban motor terbaik ini yang sudah didukung teknologi Compund High Speed Grip dan Advanced Grip Design. Oleh karena itu tidak heran jika ban Zeneos memiliki daya tahan ban yang lebih baik. Lanjut lagi terkait material pembuat ban yang berasal dari karet pilihan untuk menghasilkan ban dengan daya jelajah yang cocok dalam segala medan. Jadi tidak heran jika ban motor Zeneos telah banyak mengantongi lisensi pembuatan suatu produk, seperti DOT, SNI, ISO, E-Mark dan NAO.

Hal menarik lainnya dari pabrikan ban terbesar di Asia Tenggara PT Gajah Tunggal yang memberikan perhatian penuh terhadap produk ban motor buatannya. Bisa Brosisi amati dari segi desain ban atau batik alur kembangan ban, Zeneos mempunyai ciri khas tersendiri dengan corak memanjang dan melengkung guna membelah air lebih optimal saat melewati jalanan licin. Soal harga ban motor terbaik ini dibanderol dengan harga bersahabat dan pastinya ramah di kantong.

8. Ban Motor Swallow

Ban Motor Swallow
Swallow

Harga: Rp 95.000 – Rp 460.000




Perusahaan ban Tanah Air yang ikut menjadi salah satu merk ban motor terbaik di Indonesia yaitu Swallow. Selain terkenal dengan harga ban motor murah meriah, ban Swallow juga mempunyai kualitas dan kemampuan ban yang dapat diandalkan. Pabrik ban motor lokal yang berdiri di Deli Serdang Sumatera Utara ini juga mempunyai desain kembangan ban yang bagus.

Lebih dari itu desain bernuansa klasik memang sangat kuat pada produk ban Swallow ini, alhasil ban motor ini sangat pas disandingkan dengan motor-motor beraliran tua seperti Chopper, Estrella, dan Brat Style. Nah, untuk varian lainnya Swallow juga tersedia untuk beberapa jenis motor seperti: motor matic, bebek, sampai sport. Harga ban motor Swallow juga sangat murah, cukup sediakan budget ratusan ribu saja sudah bisa membawa pulang produk buatan Deli Serdang ini.

9. Ban Motor Mizzle

Ban Motor Mizzle
Mizzle

Harga: Rp 170.000 - Rp 190.000




Salah satu ban motor terbaik di Indonesia dan asli buatan Tanah Air yaitu datang dari merk ban Mizzle. Ban motor buatan lokal dengan kualitas unggulan yang bisa Brosis rasakan sensasinya. Terbuat dari karet berkualitas tinggi dengan daya tahan karet ban yang baik, sebagai variannya ban ini tersedia dalama jenis ban tubeless dan tubetype.

Perusahaan yang mengusung tema ramah lingkungan ini, mewujudkan dukungannya dalam bentuk penggunaan material ban yang sebagian besar ramah akan lingkungan sekitar. Hal ini terkait akan karbon sisa produksi perusahaan yang bisa mengancam kebersihan udara. Salah satu bukti nyata bisa Brosis amati dari model kembangan ban motor ini yang terlihat seperti daun. Selebihnya untuk kenyaman dalam handling berkendara pasti akan lebih maksimal, karena ketebalan ban Mizzle yang mantap. Nah, bagi Brosis yang mencari merk ban motor yang murah dengan harga terjangkau brand ban lokal ini adalah jawabannya.

10. Ban Motor Aspira

Ban Motor Aspira
Aspira
Harga: Rp 100.000 – Rp 530.000

Aspira merupakan salah satu pabrikan aksesoris kendaraan bermotor yang sudah terkenal dengan produk buatannya yang mempunyai kualitas unggulan. Ban Aspira memiliki banyak varian baik itu untuk motor matic, bebek, sampai sport.

Nah, untuk menunjang daya jelajah ban motor yang bagus dalam segala medan. Ban ini sudah dibekali material berkualitas untuk karet ban tetap elastis dan kuat. Dari segi desain ban juga mendukung untuk bermanuver di tikungan tajam, selain kemampuan ban motor yang tidak licin saat melintasi jalanan yang basah.

Pabrikan ban yang telah berdiri sejak tahun 1973 ini juga membanderol harga ban motornya dengan harga relatif murah di pasaran otomotif Tanah Air. Harga ban Aspira tidak sampai jutaan rupiah untuk satu buah ban motornya.

11. Ban Motor Corsa

Ban Motor Corsa
Corsa
Harga: Rp 100.000 – Rp 630.000

Jika kebanyakan produsen ban kendaraan berasal dari luar negeri, sudah saatnya dalam negeri juga mengeluarkan produk ban motor terbaiknya. Salah satu perusahaan ban Indonesia Corsa mencoba menjawabnya dengan mengeluarkan seri ban motor unggulannya. Ban motor Corsa ini terbuat dari material berkualitas bisa dilihat dari Tread Compound yang mampu mencengkram lebih kuat dalam berbagai medan.

Lebih dari itu material karet utama ban motor yang elastis dengan bantuan Base Compound untuk sensasi berkendara lebih nyaman karena mampu menahan getaran. Tidak hanya itu saja Sidewall Compound juga sangat kuat dan mampu menahan beban kendaraan yang berat. Bukan hanya soal kualitas ban yang diperhatikan, Corsa juga memperhatikan lingkungan sekitar yaitu dengan penggunaan teknologi Ecosafe semacam Softener Oil sebagai bahan utama pembuat ban motor yang ramah lingkungan.

Walaupun perusahaan ban Corsa masih baru berdiri tepatnya tahun 2007, tetapi untuk kualitas ban motor Corsa memang tidak diragukan lagi. Ban motor terbaik ini sudah diekspor keluar negeri seperti Vietnam, Thailand, dan Myanmar. Jadi buat Brosis yang mencari ban motor lokal yang bagus, ban motor Corsa-lah pilihannya.

12. Ban Motor Metzeler

Ban Motor Metzeler
Metzeler

Harga: Rp 1.250.000 – Rp 3.900.000




Pabrikan ban kendaraan yang sudah berdiri sejak 1892 ini memang sudah lama terjun sebagai salah satu pemain ban motor terbaik di kelasnya. Ban motor ini dikenal mempunyai kualitas yang mumpuni guna mendukung pemakaian ban sepeda motor harian, selain itu ban motor ini memiliki desain alur ban yang membantu daya cengkram ban terhadap permukaan jalan.

Kelebihan ban motor Metzeler ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan seperti: Multiple Radius Contour yang memungkinkan ban melengkung sesuai arahan dan juga dukungan dengan Teknologi Multi Zone Tension dimana ban dapat bekerja lebih optimal dalam segala jenis medan jalanan. Soal harga ban motor terbaik ini dibanderol dengan harga yang relatif mahal diangka jutaan rupiah, tentu saja ini sebanding dengan kualitas ban yang didapatkan.

13. Ban Motor Battlax

Ban Motor Battlax
Battlax
Harga: Rp 630.000 – Rp 1.400.000

Dilahirkan dari sebuah brand ban motor terkenal di dunia, Bridgestone kembali merilis seri produk terbaiknya yaitu Battlax. Ban motor terbaik Battlax bisa Brosis lihat dari desain luar kembangan ban yang mempunyai ciri khas arang-arang dengan guratan panjang melengkung tanpa garis tengah. Hal tersebut pasti memiliki tujuan untuk daya cengkram ban yang lebih optimal, lebih lagi ban model seperti sangat cocok sebagai penunjang motor tampil lebih sporty.

Bukan hanya itu saja ban Battlax yang nyatanya juga sudah mendukung Teknologi Ultimate EYE dengan rancangan Teknologi Simulator Indoor guna mengamati pergerakan ban di berbagai medan jalanan. Harga ban motor Battlax memang bervariasi tergantung dari serinya, tapi dengan budget ratusan ribu saja Brosis sudah bisa memiliknya.

Bagaimana Brosis tentang rekomendasi merk ban motor terbaik di Indonesia ini, untuk mendapatkan ban motor yang bagus bukan hanya dilihat dari desain luarnya saja melainkan harus dari kualitas karet ban tersebut. Selain itu performa ban motor yang tidak licin ketika melewati jalanan basah menjadi nilai lebih sebagai merk ban sepeda motor berkualitas. Nah, ketika Brosis mendapatkan harga ban motor yang murah pastinya sangat beruntung terlebih bannya memiliki kualitas unggulan. Ada pun untuk harga ban motor di atas hanya sebatas perkiraan saja, harga bisa berubah sewaktu-waktu. Baca Juga: Merk Ban Mobil Terbaik di Indonesia