Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Rekomendasi Merk Oli Motor Sport Terbaik di Indonesia

Oli Motor Sport Terbaik - Dalam dunia mesin motor keberadaan dan peranan oli dalam melumasi setiap komponen mesin memang sangat vital. Oli motor yang tersedia dalam berbagai varian jenis motor memudahkan kita sebagai konsumen untuk memilihnya, seperti: oli motor matic, oli motor bebek, hingga oli untuk motor sport 150cc. Nah, menanggapi hal tersebut pada pembahasan kali ini kita akan mengulas tentang merk oli motor sport terbaik di Indonesia tentunya. Tujuannya yaitu sebagai gambaran kita dalam hal membeli oli mesin motor, terkadang kita suka bingung mau pilih yang mana. Misalnya saja merk oli motor Motul dan Shell merupakan produk yang laris di pasaran oli motor racing yang mayoritas konsumennya adalah pengguna motor sport. Lantas apa hanya itu saja oli terbaik untuk motor sport 150cc, tentu saja ada rekomendasi merk oli motor sport yang bagus lainnya. Penting untuk kita ketahui bahwa beberapa merk oli motor ini juga masuk dalam kategori oli motor termahal, mungkin karena kualitasnya yang berbeda dari oli motor lainnya. Jadi siapkan budget lebih sebelum membelinya.

Motor sport sejatinya adalah sepeda motor yang memiliki mesin berkapasitas 150cc dan 250cc ke atas, motor jenis ini biasanya memboyong mesin satu silinder sampai dua silinder. Oleh karena itu dibutuhkan oli khusus untuk menunjang kinerja mesin agar tetap optimal saat bekerja. Oli motor sport terbaik memiliki karakteristik yang mampu meringankan tarikan akselerasi mesin, selain tugas utamanya sebagai pelindung gesekan antar komponen dalam mesin. Penting diperhatikan saat Brosis sekalian mau membeli oli motor sport yaitu mengecek kadar SAE oli tersebut, apakah cocok dengan standar bawaan sepeda motor. Jika kadar SAE tidak pas dengan mesin motor, biasanya kinerja oli tidak maksimal hasilnya mesin motor sedikit meronta dan tarikan motor kurang kencang.

Merk Oli Motor Sport 150cc dan 250cc Terbaik

Merk Oli Motor Sport Terbaik di Indonesia
Oli Motor Sport

Daftar merk oli motor sport terbaik ini sangat cocok digunakan untuk mesin motor berkapasitas 150cc hingga 250cc ke atas. Kendati demikian untuk varian motor bebek dan matic juga masih bisa memakainya.

1. Oli Motor Motul

Merk Oli Motor Motul Terbaik
Motul
Harga: Rp 390.000

Oli motor sport terbaik di Indonesia yang sudah diakui di pasaran otomotif Tanah Air, tidak lain dan bukan adalah merk oli motor Motul. Dikenal memiliki sebagai salah satu oli motor termahal, motul menampiknya dengan menyuguhkan kualitas oli terbaik. Diklaim sebagai oli motor Full Synthetic dengan dukungan teknologi Technoshese. Lebih daripada itu kandungan mineral sebagai base oli Motul dan dengan penggunaan fitur HC Technology untuk teknologi yang lebih baik dari mineral.

Lebih lanjut lagi tentang oli motor sport terbaik ini juga sudah ditopang oleh teknologi Ester yang sering kita temukan pada industri pesawat terbang, akan tetapi di sini kita memanfaatkannya untuk diterapkan di mesin pelumasan motor. Teknologi yang memungkinkan pengolahan lemak organik dengan proses kimia sterifikasi menjadikan oli motor sport Motul memiliki perlindungan lebih. Alhasil setiap motor yang menggunakan oli Motul ini jarang terjadi kerusakan di dalam mesin karena masalah sistem pelumasan.

Nah, untuk varian oli motor sport terbaik Motul sendiri mengeluarkan beberapa serinya, seperti oli motor Motul 4 tak dan oli motor Motul 2 tak. Misalnya saja untuk seri Scooter Expert LE 4T dan Motul Scooter LE 4T yang diperuntukan untuk oli motor matic, sedangkan untuk seri Motul 510 Powerlube yang cocok digunakan sebagai oli motor 2 tak. Lebih lanjut lagi soal oli motor sport 4 tak sangat cocok memakai oli Motul 3100 Gold, Motul 3000 Plus, Motul 5100, Motul 7100, Motul 300 V Factory Line, dan Motul H-Tech 100 4T. Soal harga oli motor Motul dipatok diangka Rp 300 ribuan ke atas, memang harga oli motor Motul terbilang mahal. Kendati demikian sebanding dengan kualitas pelumasan mesin yang didapatkan.

2. Oli Motor Shell

Merk Oli Motor Shell Advance Ultra Terbaik
Shell Advance Ultra
Harga: Rp 150.000

Siapa yang tidak kenal merk oli motor Shell, pelumas mesin yang satu ini begitu terkenal memiliki kemampuan perlindungan dan meningkatkan akselerasi performa mesin. Maka tidak heran jika oli Shell masuk ke dalam urutan oli motor sport terbaik yang kami rekomendasikan. Oli motor Shell mempunyai teknologi PurePlus yang berperan dalam membersihkan timbunan atau kerak, hasilnya komponen mesin lebih bersih dan terjaga dari kerusakan akibat endapan germuk oli.

Oli motor sport terbaik yang satu ini juga terkenal sebagai oli motor yang nyaman digunakan. Hal ini lantaran oli motor Shell memiliki kemampuan meredam gesekan antara komponen, alhasil suara bising akibat gesekan dan getaran mesin dapat diminimalisirkan. oli motor sport ini juga sudah didukung dengan pengolahan oli berteknologi RCE, untuk meningkatkan oli baik dari segi performa dan kenyamanan seperti perpindahan gigi yang lebih enak.

Oli motor sport terbaik yang sudah memenuhi standar API SN dan JASO MA2 ini mempunyai beberapa kelebihan diantaranya mampu meminimalisir keausan komponen mesin karena gesekan dan kenyamanan berkendara terutama untuk penekanan kopling yang lebih halus lagi. Oli Shell juga memiliki varian oli motor racing terbaik yang sudah diakui di pasaran Indonesia, Shell Advance Ultra adalah salah satu rekomendasi oli motor sport untuk mesin 150cc ke atas. Oli motor ini dijual dalam kemasan wadah 1L, dengan tingkat viskositas SAE 10W-40. Soal harga oli motor Shell dijual lebih ramah dikantong, harga oli motor SHELL ADVANCE ULTRA sendiri dilepas tidak lebih dari Rp 150.000.

3. Oli Motor Moty's

Merk Oli Motor Moty's Terbaik
Moty's
Harga: Rp 550.000

Oli motor sport terbaik terakhir yang akan kita ulas yaitu oli motor Moty's, oli ini memang masih jarang kita temukan di pasaran tetapi untuk kualitas pelumas mesin ini tidak boleh dianggap remeh. Kerap digunakan sebagai oli motor balap diajang perlombaan nasional Tanah Air, oli motor Moty's memilki mangsa pasarannya tersendiri. Oli ini jelas sangat disarankan untuk pengguna motor sport kelas 150cc dan 250cc ke atas.

Oli motor sport terbaik ini mampu menjaga performa dengan durability yang baik dan stabil, hal ini terbukti dari pemakaian diajang balap dan beberapa konsumen yang merasakan kepuasan akan pendinginan mesin yang lebih adem dan suhu mesin yang lebih stabil. Hal ini tercatat diajang balap saat menggunakan oli motor sport terbaik ini suhu mesin hanya berada diangka 113 derajat celcius, lain halnya jika menggunakan merk oli motor lain yang suhunya sangat panas diangka 165 derajat celcius. Dari data tersebut dapat disimpulkan untuk resiko overheat mesin motor dapat dihindarkan dan oli ini sangat cocok dipakai untuk touring. Oli motor yang sudah menggunakan teknologi GF5 ini mempunyai seri Moty's M151 SAE 10W-40 yang masih menjadi oli paling laris di penjualan produk Moty's sendiri.

Nah, untuk pilihan produk Moty's sendiri terbagi dalam beberapa varian seperti 5W-30 pelumas ini sangat cocok digunakan untuk oli motor sport Honda dan 10W-40 yang diperuntukan untuk oli motor sport Yamaha serta oli motor sport Kawasaki. Oli motor Full Syntetic ini juga dibanderol dengan harga yang lebih mahal daripada oli motor Motul, Harga oli termahal di Indonesia ini dilepas diangkat Rp 550.000 untuk kemasan 1L. Kualitas Ester oli yang sangat baik dinilai mampu memberikan performa mesin yang lebih bandel.

Rekomendasi merk oli motor sport terbaik di atas sangat cocok digunakan untuk motor sport 150cc dan 250cc, walaupun demikian jika Brosis ingin menuangkan oli tersebut ke motor bebek atau matic juga tidak masalah asal kadar SAE oli sama dengan pabrikan motor tersebut. Oli motor terbaik bukan hanya melumasi tetapi mampu memberikan perlindungan yang maksimal dengan akselerasi yang kencang. Penting untuk diperhatikan bahwa harga oli motor tersebut masih harga perkiraan mungkin akan sedikit berbeda di tiap kotanya. Baca Juga: Bahaya Terlat Ganti Oli Mobil