Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mudahnya Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula [Rekomend]

Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula yang Benar
Motor Kopling
Belajar cara mengendarai motor kopling bagi pemula selengkapnya akan kami sajikan secara mendetil. Saat Brosis menggunakan motor kopling tentu rasanya berbeda dengan menggunakan motor gigi biasa, perpindahan gigi motor kopling yang begitu halus tanpa sentakan membuat pengendara merasa lebih nyaman.

Walaupun demikian saat kita naik motor kopling ada baiknya kita mengetahui seluk beluknya, baik cara mengendarai motor kopling atau perawatan motor kopling yang sedikit berbeda dari motor biasa lainnya.

Problem yang biasa ditakuti oleh banyak orang adalah ketika mengendarai motor kopling ditanjakan dan turunan. Ntah kenapa, masalah ini dari dulu masih menjadi momok. Padahal kalau belajar motor kopling itu sehari juga langsung bisa Bro.

Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula yang Benar

Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula yang benar
Motor Laki (Kopling)
Tahap 1
Tahap pertama belajar motor kopling adalah persiapan jaket, helm, dan sepatu. Kok ribet sih, yo ben safety cak!

Tahap 2
Lanjut ke bagian kedua pilih lokasi latihan Bro, mau di lapangan atau pun di jalanan sepi juga ok Bro.

Tahap 3
Langkah ketiga pastikan gigi pada motor kopling dalam keadaan netral, biar apa sih? Ya supaya hidup Bro. Biasanya untuk motor kopling keluaran terbaru kalau giginya masih masuk suka nggak nyala, selain itu Brosis juga nggak ingin kan motornya loncat-loncat kayak kodok hehe.

Tahap 4
Masuk sesi keempat Brosis, saatnya menghidupkan motor laki (kopling). Caranya silakan Brosis duduk seperti biasanya (posisi siap), jika menggunakan kick starter (onthelan kaki) baiknya kopling dalam keadaan bebas (tidak ditekan) biar ga loss. Sebaliknya jika menggunakan elektrik starter kopling mau ditekan atau tidak itu bukan masalah.

Tahap 5
Motor sudah hidup, saatnya Brosis menekan tuas kopling secara penuh sampai mentok.

Tahap 6
Setelah itu Brosis tinggal masukan gigi satu dengan cara menekan pedal gigi (disebelah kiri), Ok sekarang posisi gigi sudah masuk ke gigi 1.

Tahap 7
Saatnya melepas tuas kopling secara perlahan (jangan nyentak/mendadak) sampai motor perlahan bergerak maju.

Tahap 8
Motor sudah perlahan bergerak saatnya Brosis memutar gas secara perlahan biar nggak loncat motornya, biasanya kalau nggak digas mesin motor bakalan mati.

Tahap 9
Lanjut ke posisi siap melaju dan naikan gigi lagi ke dua dengan cara menekan kopling secara penuh dilanjut dengan menekan pedal gigi. Jangan lupa untuk melepas kopling secara perlahan tapi usahakan jangan terlalu pelan motor akan kehilangan tenaga. Nah, untuk seterusnya jika ingin menambahkan gigi tinggal lakukan hal yang sama Brosis.

Tahap 10
Jika sudah bisa naikan gigi, sekarang waktunya untuk belajar menurunkan gigi motor kopling. Brosis sekalian bisa kembali menekan tuas kopling secara penuh disusul dengan mengungkit pedal gigi ke arah atas. Setiap satu kali ungkitan akan mengurangi satu, jangan lupa lepas tuas kopling secara perlahan.

Baca Juga: Usut Biang Penyebab Mesin Motor Mogok (Mati Mendadak)

Adapun tipsnya supaya nyaman saat mengendarai motor kopling, Brosis bisa menerapkan tata cara perpindahan gigi motor kopling sebagai berikut.

Tata Cara Pindah Gigi Motor Kopling (Laki)

20 Km/jam
Saat melaju dengan kecepatan dibawah 20 Km/Jam ada baiknya gigi berada di posisi ke dua.

40 Km/Jam
Selebihnya jika sudah melaju dengan kecepatan 40 Km/Jam disarankan untuk menempatkan gigi di posisi ke tiga.

60 Km/Jam
Lanjut ketika melaju dengan kecepatan 60 Km/Jam Brosis dianjurkan menambah satu gigi lagi ke posisi gigi empat.

+60 Km/Jam
Nah, untuk kecepatan ini Brosis bisa rasakan sendiri sensasinya. Ketika mesin masih nyaman dirasakan ada baiknya tidak usah menambah gigi, sebaliknya jika sudah terasa tidak nyaman segera tambahkan satu gigi berikutnya baik posisi gigi lima atau enam.

Beberapa gambaran transmisi motor kopling yang ada di Indonesia khususnya adalah sebagai berikut.

Urutan Gigi Percepatan Motor Kopling

cara belajar motor kopling yang benar
Sistem Kerja Kopling Motor
Motor kopling terdiri dari transmisi 5 percepatan dan 6 percepatan.

Posisi transmisi 5 percepatan yaitu 1-N-2-3-4-5 artinya gigi satu - Netral - gigi dua - gigi tiga - gigi empat - gigi lima.

Posisi transmisi 6 percepatan yaitu 1-N-2-3-4-5-6 artinya gigi satu - Netral - gigi dua - gigi tiga - gigi empat - gigi lima - gigi enam.

Baca Juga: Cara Mengganti Busi Motor yang Mati Dijamin Nyala

Lantas gimana sih cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan? Masalah yang sering dipermasalahkan walaupun ini bukanlah sebuah masalah hehe.

Cara Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan dan Turunan

cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan
Medan Turunan

Cara Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan

Saat Brosis mencoba naik motor kopling dengan medan naik turun atau pun berkelok-kelok, sebenarnya hal yang harus diperhatikan adalah rasio perpindahan gigi selain penguasaan motor yang baik.

Baca Juga: Penyebab Beserta Cara Mengatasi Rem Motor Bunyi Berdecit Lengkap

Adapun perpindahan gigi motor kopling yang disarankan ketika melewati tanjakan adalah sebagai berikut.
Gigi Satu kecepatan yang disarankan maksimal adalah 10 Km/Jam.
Gigi Dua kecepatan yang dianjurkan berkisar antara 10 - 40 Km/Jam.
Gigi Tiga ada baiknya melaju dengan kecepatan 40 - 60 Km/Jam.
Gigi Empat sebaiknya melaju dengan kecepatan 60 - 80 Km/Jam.
Gigi Lima biasanya diangka 100 Km/Jam.
Gigi Enam kecepatan maksimal disesuaikan terhadap mesin motor itu sendiri.

Cara Mengendarai Motor Kopling di Turunan

Berbeda dengan tanjakan, turunan lebih bersifat memperlambat laju motor sebisa mungkin. Ada dua cara yang bisa Brosis lakukan yaitu dengan memanfaatkan engine brake dan rem.

Lantas mana yang dianjurkan? Kalau bisa semua dipakai. Saat mesin motor melakukan engine brake hal ini sangat berguna untuk menghindari panasnya piringan rem. Caranya sederhana Brosis tinggal melepas tuas kopling dan pastikan posisi gigi mengikuti laju kendaraan, artinya jika turunannya sedikit ekstrim biasanya kecepatannya juga akan semakin kencang oleh karena itu posisikan gigi mengikuti putaran rpm mesin. Panduannya bisa Brosis baca di atas kondisinya sama ketika menanjak.

Baca Juga: Wajib Tahu Teknik Pengereman Motor yang Baik dan Aman 

Jika masih saja terasa kencang Brosis bisa melakukan pengereman secara efisien dengan cara menekan dan melepas tuas rem secara perlahan, alasannya untuk menghindari panasnya rem sehingga membuat daya cengkram kuram maksimal.

Hal-hal yang harus Brosis perhatikan ketika mengendarai motor kopling manual, beberapa diantaranya:

Hindari memutar handle gas berlebihan ketika hendak menjalankan motor, percuma Brosis nggak bakalan jalan juga lantaran handle kopling masih ditekan penuh. Sebaiknya lepas kopling secara perlahan dan disusul dengan diputarnya handle gas.

Pelan-pelan melepas kopling itu lebih disarankan Brosis, jangan nyentak biar mesin nggak mati.

Lakukan pergantian gigi secara halus jangan terlalu bernafsu baik saat menekan tuas kopling atau pun melepaskannya.

O iya satu lagi Brosis pastikan tuas kopling ditekan penuh baik saat menaikan gigi atau pun menguranginya.

Baca Juga: Cara Merawat Kampas Kopling Motor Agar Awet Dijamin!

Bagaimana Brosis ulasan tentang cara mengendarai motor kopling manual bagi pemula, semoga membantu dalam belajar motor kopling. Salam satu aspal Bro!