Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modifikasi Motor Salah Kaprah Bikin Pemotor Lain Marah, Hati-hati!!

Modifikasi Motor Salah Kaprah Bikin Pemotor Lain Marah, Hati-hati!!

Kesalahan modifikasi motor terkadang bisa datang dari hal sepele, akan tetapi akibatnya bisa tak terbayangkan dibenak kita.

Berniat hanya membuat tunggangan tampak ciamik secara kasat mata, bukan berarti menghalalkan segala cara.

Modifikasi motor asal-asalan seperti : pemasangan lampu strobo, pemakaian knalpot racing, dan sebagainya adalah hal yang tidak dianjurkan. Pasalnya modifikasi motor yang tidak memperdulikan lingkungan sekitar bisa berujung petaka.

Nah, lantas apa saja sih modifikasi motor yang kesannya tidak bersahabat terutama bagi pemotor lain? Berikut ulasannya...

Knalpot Racing

Gambar knalpot racing motor

Mungkin modifikasi motor yang satu ini kerap sekali dilakukan dan sangat familiar dikalangan pecinta kecepatan, dengan tujuan membuat mesin lebih lepas dengan sistem saluran pembuangan yang lebih lega menjadikan banyak kalangan jatuh hati dan ingin mengaplikasikan di motor kesayangannya.

Didesain dengan tobong pembuangan sedikit ke atas membuat knalpot ini cenderung mengenai muka para pengendara lain terutama yang di belakang. Hal tersebut menjadi masalah tersendiri dan tak jarang banyak yang sesak napas atau batuk-batuk karena udara sisa pembakaran yang kotor.

Dampak negatif dari penggunaan knalpot racing lainnya yaitu knalpot jenis ini cenderung menghasilkan bunyi yang terlalu bising, sehingga tak jarang banyak orang yang mengeluh karena telinganya sakit.

Pemakaian Mika Transparan Pada Lampu Rem

Gambar mika bening lampu rem

Kesalahan modifikasi motor berikut ini terkadang membuat pengendara lain kesal, pasalnya selain terlalu terang juga membingungkan.

Lampu rem yang sejatinya menggunakan mika merah jika dirubah menjadi transparan atau bening, alhasil tampak seperti lampu depan sepeda motor. Akibatnya banyak pengendara terkecoh karena mengira ada motor yang melaju berlawanan arah tepat di depannya.

Selain itu tidak jarang banyak yang mengganti lampunya seterang mungkin yang mengakibatkan mata sakit karena terlalu silau dengan pancaran sorotan lampu tersebut.

Lampu Strobo

Gambar lampu strobo motor

Sering melihatnya atau menjadi salah satu pemakainya? Nah, ternyata pemasangan lampu strobo ini dilarang Bro. Selain mengganggu juga tidak dianjurkan digunakan oleh masyarakat umumnya.

Pemasangan lampu strobo sebenarnya dikhususkan untuk kendaraan tertentu terutama yang menunjang keadaan genting saja, misalnya : kendaraan pemadam kebakaran, mobil ambulans, kendaraan kepolisian, hal ini bertujuan untuk membuka jalur dengan harapan cepat sampai lokasi tujuan.

Variasi Klakson Motor

Gambar variasi klakson motor

Dampak buruk akibat kesalahan modifikasi motor berikutnya adalah pemasangan klakson yang tidak sesuai etika.

Pernah mendengar mungkin motor mengeluarkan suara binatang, atau pun motor rasa mobil (klakson mobil). Hal tersebut memang tidaklah dianjurkan selain mengagetkan juga membingungkan pengendara lain.

Dulu tren variasi klakson atau bel motor ini sempat booming, akan tetapi seiring banyaknya tentangan variasi suara klakson ini perlahan menghilang.

Kepras Spakbor Motor Belakang

Gambar spakbor motor yang sudah dipotong

Kelalaian modifikasi motor selanjutnya berasal dari buritan belakang motor Bro. Spakbor yang sejatinya mengantisipasi agar kita tidak kotor akibat gesekan roda dengan permukaan jalan (cipratan), ini bisa berakibat kurang mengenakan jika spakbor dikepras (dipotong) hanya demi menonjolkan tampilan roda.

Hal tersebut tentunya berlaku bagi siapa saja yang berada tepat dibelakang kita, terlebih saat musim hujan. Cipratan kotoran dari roda pun langsung mengarah ke muka, alhasil muka kotor baju pun tak ketinggalan.

Baca Juga : Kumpulan Modifikasi Motor Yamaha Terbaik

Nah, dari beberapa ulasan tersebut pastinya salah satunya ada yang merasakan dampak negatifnya. Maka dari itu ada baiknya jika motor sebisa mungkin tampil apik tanpa mengganggu kenyamanan pengendara lain.

Mungkin segitu saja mengenai apa saja dampak buruk kesalahan modifikasi motor edisi Berita Otomotif kali ini, salam.