Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras atau Berat Saat Diinjak dan Solusinya

Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras Saat Diinjak dan Solusinya

Banyak faktor penyebab pedal kopling mobil keras  dan terasa berat saat diinjak, mulai dari faktor bawaan seperti jenis kopling sampai faktor eksternal.

Keluhan ini biasanya dirasakan tak kala menghadapi jalanan dengan tingkat kemacetan cukup parah, melaju dengan kecepatan 5-10 km/jam sama saja dengan jalan kaki Bro. Efeknya yaitu kaki bakalan cepat pegal yang dibarengi mood mengemudi yang hilang.

Menanggapi masalah tersebut ada banyak cara dan solusi untuk mengatasi kopling mobil yang keras, berikut beberapa diantaranya mulai dari sebab musabab kopling mobil terasa keras sampai dengan cara mengatasinya.

Penyebab Pedal Kopling Mobil Terasa Keras dan Berat Saat Diinjak Beserta Solusinya

Kabel Kopling

Masalah yang paling umum yang sering menimpa kopling mobil keras terutama untuk tipe mekanik adalah kabel atau kawat baja yang seret. Jarang dilumasi dengan oli, membuat kabel kopling rawan garing dan ujung-ujungnya pun pedal kopling terasa berat.

Solusinya sebenarnya cukup mudah Bro and Sis cukup lumuri kabel dengan pelumas untuk meminimalisir gesekan dengan sarung pembukus kabel kopling. Pengalaman saya sendiri pernah kabel kopling sampai putus Bro karena masalah ini, untung kondisi jalan datar jadi tidak terlalu panik.

Tapi jika dilihat sekarang sudah jamannya pake serbuk gawan dari pabrik, sehingga sudah tidak membutuhkan lagi pelumasan dalam bentuk cairan. Sedangkan untuk kopling hidrolis yang memanfaatkan tekanan cairan rasanya tidak harus memperhatikan kabel-kabel lagi karena peranannya yang sudah tergantikan.

Realease Bearing

Realease bearing yang berperan untuk menekan plat pegas diafragma yang terdapat pada cover clutch, sangat berpengaruh jika komponen tersebut tidak bekerja atau rusak.

Salah satunya sewaktu kita menginjak pedal kopling mobil akan terasa berat, cara mengatasi masalah tersebut sebaiknya dilakukan penggantian terhadap komponen tersebut.

Pilot Bearing

Tidak jauh beda dari yang di atas, komponen yang berfungsi sebagai penopang input shaft dengan tujuan agar sejajar terhadap sumbu tengah poros engkol.

Memang dari fungsinya kita juga dapat menganalisa bahwa jika ada kemacetan pilot bearing, maka dampaknya adalah sulitnya memindahkan gigi dan pastinya injakan pedal kopling akan terasa keras.

Sperti biasanya Bro and Sis cukup mengganti bagian yang rusak, yaitu pilot bearing dengan yang masih dalam keadaan baik.

Kampas Kopling

Tak dipungkiri memang peran kampas sangat dibutuhkan dalam sistem kerja kopling, kampas kopling yang sudah tipis atau aus hanya akan menimbulkan masalah bila tidak segera diganti.

Salah satunya mobil akan kehilangan tenaga, kopling dalam, dan tentunya pedal kopling mobil terasa keras saat ditekan.

Adapun cara mengetahuinya bahwa kampas kopling akan habis, biasanya mobil sering mengeluarkan bau angus. Kendati jalanan yang kita lewati masih dalam keadaan normal, tidak ekstrim.

Cara memperbaiki problem kopling keras karena hal tersebut, silahkan bro and Sis segera ke toko onderdil dan cari penggantinya. Tipsnya pilih kampas sesuai dengan tipe yang lama (bawaan mobil).

Cover Clutch 

Masa bakti komponen juga ikut andil sebagai penyebab kopling mobil keras, salah satunya matahari (cover clutch) sudah tua.

Masalah ini timbul ketika pegas penekan plat kopling sudah mulai lemah, cara memperbaikinya harus diganti dengan yang baru. Lakukan penggantian untuk mengembalikan kopling seperti keadaan semula (kopling enteng).

Komponen Garing

Kinerja antar komponen pastinya akan selalu menimbulkan gesekan, hal tersebut memaksa untuk setiap komponen mesin harus tetap basah (terlumasi oli).

Maka dari itu segera berikan pelumasan pada komponen, seperti : release bearing dan per matahari. Hal tersebut untuk meringankan tarikan antar komponen sehingga dapat mengatasi beratnya pedal kopling mobil saat ditekan.

Kebiasaan Si Pemakai

Penyebab pedal kopling terasa keras selanjutnya datang dari kebiasaan yang salah dari pengendara. Dilihat sepele tapi menimbulkan kerusakan yang cukup signifikan.

Menginjak dan melepaskan kopling secara spontan, dapat mengakibatkan plat kopling yang terhubung ke flywheel akan terasa berat terlebih kampas kopling juga akan cepat tipis atau aus.

Solusinya mudah, tekan pedal kopling secara perlahan sampai penuh dan lepaskan juga secara pelan tentunya sesuai kecepatan mobil. Ada baiknya selama mengendarai mobil jangan suka menggantungkan kaki di atas pedal kopling.

Selanjutnya mengenai cara perawatan mobil minim biaya Bro and Sis dapat membacanya ditautan tersebut.

Setelah baca-baca bagaimana bro soal penyebab pedal kopling mobil terasa berat sewaktu diinjak? Apa ada yang pernah ngalamin? Kalau belum, moga aja jangan sampai kejadian. Oke kayaknya sudah cukup nih, waktunya saya pamit dulu sampai ketemu di edisi Tips n' Trik selanjutnya.