Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Knalpot Motor Berasap Putih dan Cara Mengatasinya

Penyebab Knalpot Motor Berasap Putih

Punya problem motor 4 tak berasap, lantas ingin tahu apa penyebab knalpot motor berasap putih? Knalpot keluar asap putih seringkali terjadi pada motor 2 tak karena pembakaran yang kurang sempurna, akan tetapi jika itu terjadi pada motor 4 tak artinya mesin motor Anda mengalami masalah.

Penyebab Knalpot Motor Berasap Putih atau Ngebul

Rembesan oli di ruang pembakaran disinyalir penyebab kuat motor ngebul atau mengeluarkan asap putih. Rembesan dari piston atau ring piston itu sendiri atau seal klep yang bermasalah.

Sebelumnya banyak kesalahan atau keteledoran kita dalam melakukan perawatan sepeda motor yang tanpa kita sadari menjadi penyebab awal mesin motor bermasalah.

Sepelenya saat kita melakukan penggantian oli sering tanpa kita sadari kita sering telat sampai batas waktu yang kelewat ataupun bagi yang suka menggunakan oli literan dengan kualitas kurang layak.

Penggantian oli yang tidak terjadwal dan memperhatikan dari kualitas oli itu sendiri bisa menyebabkan baretan pada lapisan boring.

Pelumasan yang kurang sempurna akan memperpendek usia pemakaiannya, untuk mengatasi asap ngebul akibat boring yang kena baret bisa gunakan cara berikut.

Cara Mengatasi Knalpot Motor Berasap atau Ngebul

Oversize
  • Lakukan oversize satu tingkat dengan kelipatan 0,25-1,00 mm dengan catatan jika masih dalam keadaan masih mulus.

Penggantian Bore
  • Jika tidak memungkinkan ganti satu set yang terdiri dari bore dan piston set.

Nah, sudah pada tahukan tentang penyebab knalpot motor berasap. Sekian dulu untuk Tips n' Trik nantikan berikutnya.