Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Simbol Lampu Indikator Panel Mobil Lengkap

Arti Simbol Lampu Indikator Panel Mobil Lengkap
Simbol Lampu Indikator Mobil

Bro and Sis kali ini kita akan berkenalan lebih jauh dengan yang namanya lampu indikator panel mobil yang keberadaannya sering nongol tak kala ada salah satu sistem kendaraan yang tidak bekerja atau hanya sebuah informasi terkait kondisi saat itu juga.

Pernah mengamati atau hanya sebuah hiasan tak kala pengendara kurang memahami apa itu arti lampu indikator panel mobil yang keberadaannya harus diperhatikan mengingat pentingnya peringatan terkait kondisi dari keadaan mobil itu sendiri.

Nah, sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai arti simbol lampu indikator mobil. Ada baiknya jika kita belajar mengenai pemahaman warna yang mengartikan apa tindakan yang harus dilakukan terkait warna lampu yang menyala.

Oke, langsung saja berikut simbol warna lampu peringatan yang ada dipanel indikator mobil.

Bro and Sis kita mulai dari warna yang paling menyala yaitu warna merah, lampu merah seperti yang kita ketahui lampu ini selalu menunjukan tanda bahaya. Artinya jika pengendara tetap ngeyel atau keras kepala, tentu saja dapat membahayakan keselamatan pengendara. Ada baiknya saat lampu ini menyala kondisi segeralah menepi untuk mematikan mesin dan segeralah melakukan perbaikan komponen yang bermasalah.

Ada merah berarti ada kuning juga, lampu kuning memang akan menyala tak kala ada informasi sebagai peringatan bahwa ada hal yang harus diperiksa atau diwaspadai agar lebih berhati-hati lagi. Jika muncul peringatan tersebut muncul pengendara masih bisa meneruskan perjalanannya, akan tetapi setelahnya harus dilakukan perawatan terhadap komponen yang diwaspadai kondisinya.

Terakhir pasti juga sudah pada tahu, yap lampu hijau adalah lampu kesukaan setiap pengendara. Tidak  hanya di lampu merah, akan tetapi di mobil pun demikian. Lampu indikator panel mobil yang menunjukan nyala hijau mengisyaratkan bahwa komponen sistem kendaraan sedang berjalan dan pastinya tidak ada masalah.

Terkait akan nyala lampu memang tidak jauh beda dengan lampu yang ada di persimpangan jalan atau bangjo, fungsi dan cara kerjanya sama bedanya cuma ini diterapkan pada mesin yang kita tunggangi.

Baca Juga : Apa Penyebab Temperatur Mobil Naik dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Nah, sekarang kita bedah arti simbol atau gambar lampu indikator mobil dengan jelas dan akurat tentunya.

Arti Simbol Lampu Indikator Panel Mobil yang Wajib Diketahui

1. Lampu Indikator Sabuk Pengaman

Arti Simbol Lampu Indikator Panel Mobil
Simbol Lampu Indikator Sabuk Pengaman

Lampu indikator panel mobil yang menunjukan gambar orang duduk, mengisyaratkan bahwa ada yang belum terpasang disistem pengamanan selama berkendara. Sabuk pengaman masih dalam kondisi bebas, segera pasang untuk meminimalisir resiko kecelakaan. Jika masih ngeyel biasanya sistem akan bereaksi lebih keras, seperti mengeluarkan bunyi peringatan berulangkali.

2. Lampu Indikator Pintu

Arti Simbol Lampu Indikator Panel Mobil
Simbol Lampu Indikator Pintu

Lampu indikator ini akan menyala tak kala ada yang tidak beres pada sistem keselamatan penumpang, yang menandakan bahwa ada pintu mobil yang masih belum menutup sempurna. Harap ini lebih diperhatikan terlebih saat membawa anak kecil, banyak kasus anak keluar dari mobil karena pintu yang belum menutup sempurna. Ada baiknya jika kondisi pintu dikancing.

3. Lampu Indikator Rem

Arti Simbol Lampu Indikator Panel Mobil
Simbol Lampu Indikator Rem

Lampu indikator dengan simbol tanda seru ini akan menyala tak kala ada yang tidak beres dari sistem pengereman, seperti : rem tangan (handbrake) yang belum bebas, maka dari itu segera lepas rem tangan. Kemungkinan kedua yaitu jika rem tangan sudah bebas yaitu menandakan bahwa ada masalah disistem pengereman, seperti : minyak rem habis, maka dari itu ada baiknya harus segera diisi karena jika minyak rem sampai habis Bro and Sis juga pasti akan tahu resikonya.

4. Lampu Parking Brake

Arti Simbol Lampu Indikator Panel Mobil
Simbol Lampu Indikator Rem Parkir

Lampu indikator ini akan menyala ketika Bro and Sis sudah menarik tuas rem parkir, ini bertujuan untuk memberitahu bahwa rem masih aktif. Maka dari itu sebelum menggunakan mobil ada baiknya membebaskan rem parkir terlebih dahulu.

5. Lampu Indikator ABS (Anti Lock Brake System)

Arti Simbol Lampu Indikator Panel Mobil
Simbol Lampu Indikator Sistem ABS

Terkait akan keselamatan pengendara beberapa komponen memang sudah dipasangkan sesuai fungsi dan kegunaannya, ABS ini juga tidak jauh beda dengan Air Bag di atas. Sistem pengereman ABS yang bermasalah tak mempengaruhi kerja rem secara konvensional, akan tetapi lebih baik diperbaiki untuk menjaga keamanan pengendara.

6. Lampu Indikator Air Bag

Arti Simbol Lampu Indikator Panel Mobil
Simbol Lampu Indikator  Pengaman Air Bag

Simbol dengan gambar orang duduk dengan bulatan di depannya, menunjukan bahwa arti simbol lampu indikator mobil tersebut adalah sistem kerja keselamatan pengendara tak kala terjadi kecelakaan yang gunanya untuk meredam benturan akibat hentakan mendadak. Segera periksa apakah ada yang bermasalah, jika kesulitan bisa di bawa ke bengkel resmi tunggangan Bro and Sis sekalian.

7. Lampu Indikator Temperatur Mesin

Arti Simbol Lampu Indikator Panel Mobil
Simbol Lampu Indikator Termperatur Mesin

Bro and Sis mungkin sudah akrab dengan simbol yang satu ini, terutama yang suka ngetouring. Perjalanan yang jauh memungkinkan kondisi mesin cepat panas karena mesin harus bekerja terus menerus, lampu indikator panel akan menyala tentunya akan diikuti naiknya jarum temperatur ke posisi merah (H). Hentikan kendaraan dan dinginkan mesin sampai kondisinya normal, kasus mobil terbakar karena mesin overheating juga kerap terjadi. Simak Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Temperatur Mobil Naik atau Overheat

8. Lampu Indikator Oli

Arti Simbol Lampu Indikator Panel Mobil
Simbol Lampu Indikator Oli

Lampu indikator yang jarang sekali menyala, akan tetapi jika sampai menyala akan berakibat fatal jika tak ditangani segera. Hal ini menunjukan bahwa sistem pelumasan kendaraan ada yang bermasalah, seperti : ruang pelumasan kekurangan oli, maka segeralah isi atau jika sudah keruh ada baiknya dilakukan peggantian. Oli kering dapat mengakibatkan turun mesin, pernah saya alami sampai stang piston patah. Jadi segeralah tangani masalah tersebut sebelum fatal.

9. Lampu Indikator Mesin

Arti Simbol Lampu Indikator Panel Mobil
Simbol Lampu Indikator Mesin

Lampu indikator mesin muncul dan tak kala kita kerepotan saat masalah tersebut muncul, karena memang berhubungan langsung dengan sistem kerja mesin utama. Lebih baik segera di bawa ke bengkel resmi yang ada di kota Bro and Sis sekalian. Simak Juga : Prosedur Cara Engine Brake Mobil yang Benar

10. Lampu Indikator Aki

Arti Simbol Lampu Indikator Panel Mobil
Simbol Lampu Indikator Aki

Lampu indikator gambar baterai ini akan menyala terkait kondisi aki itu sendiri, seperti : aki tekor atau yang lebih parah masa bakti aki yang sudah habis (mati). Segera atasi masalah tersebut baik dicharge atau penggantian aki baru. Atau jika aki masih bekerja normal, bisa saja kerusakan dari sistem kelistrikan mobil seperti : kinerja alternator yang bermasalah, kabel penghubung yang tidak terhubung, atau regulator yang rusak. Terkait masalah tersebut memang bukan hanya fokus pada aki melainkan satu sistem kerja kelistrikan mobil itu sendiri.

Baca Juga : Panduan Cara Merawat Aki Mobil dengan Benar

11. Lampu Indikator Bahan Bakar

Arti Simbol Lampu Indikator Panel Mobil
Simbol Lampu Indikator Bahan Bakar

Jika lampu indikator mobil ini sampai menyala segeralah berhenti di SPBU terdekat, karena mesin sudah haus dan butuh sekali minum. Jangan sampai mogok karena kehabisan bensin akan sangat repot jika sampai itu terjadi.

Yang Menarik Lainnya : Ketahuilah Apa Efek Buruk Jika Sering Gonta-ganti Bensin!

Nah, beberapa simbol peringatan lampu indikator panel mobil di atas adalah yang vital untuk diketahui. Terkait akan fungsi dan kegunaanya untuk kendaraan itu sendiri.

Baca Juga : Mau Tahu Cara Membersihkan Kaca Mobil dari Jamur? Simak Ulasannya

Sebagai tambahan berikut beberapa simbol lampu indikator mobil lainnya.

12. Lampu Jauh 

Arti Simbol Lampu Indikator Panel Mobil
Simbol Lampu Indikator High Beem

Lampu jauh (high beem) dapat Bro and Sis nyalakan biasanya letaknya berdekatan dengan tombol lampu sein, nyalakan lampu beem hanya saat-saat dibutuhkan saja karena lampu ini cenderung menyilaukan mata.

13. Lampu Sein

Arti Simbol Lampu Indikator Panel Mobil
Simbol Lampu Indikator Sein

Lampu indikator ini harus menyala tak kala pengendara mau belok, jadi usahakan jangan sampai lupa. Hal ini untuk mengisyaratkan kepada pengendara lain biar tidak bertabrakan, biasanya lampu akan mati sendiri tak kala mobil sudah berada di posisi lurus.

Lengkap sudah mengenai apa arti simbol lampu indikator mobil, beberapa diantaranya mungkin sudah akrab dilihatnya. Oke ini hanya tambahan sebagai penghangat agar kita lebih bijak dalam menyikapi setiap kondisi keadaan mobil sendiri. Cukup sekia sampai jumpa di Tips n' Trik selanjuthya hanya di beritabelita.