Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Penyebab Mesin Mobil Mendadak Mati dan Hidup Sendiri

4 Penyebab Mesin Mobil Mendadak Mati dan Hidup Sendiri
Mobil Mogok

Brosis sekalian edisi Tips Otomotif kali ini kita akan membahas beberapa penyebab mesin mobil yang mati secara mendadak dan anehnya beberapa saat kemudian mesin mobil kembali hidup sendiri, hal tersebut tentu saja membuat kita kesal terlebih saat menemui kemacetan yang ada bibir hanya bisa menggerutu.

Dalam beberapa kasus bisa disebabkan oleh tambahan beberapa komponen variasi mobil, seperti : sound system, lampu aksesoris, AC, dan sebagainya. Bebebrapa komponen tersebut memang tanpa kita sadari menjadi masalah dibalik kesenangan yang kita dapatkan, maka dari itu ada beberapa hal penting sebelum kita melakukan upgrade spesifikasi mobil kita.

Lanjut lagi terkait masalah mesin mobil yang sering mati dan hidup sendiri, ternyata bisa kita nilai berdasarkan faktor-faktor penunjang seperti : suhu kerja mesin saat itu juga, kondisi lingkungan saat itu juga (apakah hujan, panas, atau pun lainnya), kecepatan mobil saat itu juga (apakah pelan, sedang, atau pun kencang), sampai dilihat dari kondisi jalan yang kita lewati (apakah datar, menanjak, sampai jalanan berlubang).

Nah, dari beberapa faktor tersebut kita bisa menarik kesimpulan apa penyebab mesin mobil tiba-tiba mati mendadak dan kembali hidup sendiri.

Penyebab Mesin Mobil Mendadak Mati dan Hidup Sendiri

Beberapa penyebab mesin mobil sering mati dan hidup sendiri, terbagi dalam empat penyebab utama di antaranya :

Sistem Bahan Bakar Mobil

Segera lakukan pemeriksaan pada sistem ini, apakah ada yang bermasalah atau tidak. Biasanya dapat kita ketahui dari beberapa tanda seperti : asap yang dihasilkan sampai konsumsi bahan bakar yang sangat boros.

Baca Juga : Efek Bahaya Sering Gonta-ganti Bensin Pada Kendaraan

Sistem Pengapian Mobil

Cek juga sistem pembakarannya, beberapa masalah mesin mati lantaran sistem pengapian yang tak beres sudah kerap terjadi. Berikut beberapa tanda jika sistem pengapian Brosis mengalami masalah, seperti : mesin mobil yang sering mengeluarkan asap lebih pekat baik hitam atau putih sampai bunyi-bunyi aneh yang sering terdengar di area mesin terutama ruang bakar.

Sistem Kelistrikan Mobil

Dalam hal ini berbeda dari kedua hal di atas, sistem ini erat kaitannya dengan beberapa komponen seperti : aki mobil yang merupakan komponen vital kelistrikan mesin. Semuanya akan terlihat saat sistem kelistrikan kendaraan sedang ada masalah, seperti : starter mobil sulit yang menjadi penyebab umum sampai kerusakan komponen seperti : alternator yang merupakan penyuplai listrik dari mesin ke aki untuk disimpan.

Baca Juga : Cara Merawat Aki Basah Pada Mobil Itu Mudah

Langkah yang harus Brosis tempuh yaitu cukup memeriksa are kelistrikan mobil, seperti pengecekan kabel apakah ada yang konslet atau tidak, sampai beberapa komponen pendukung lainnya.

Aksesoris Mobil Berlebihan

Jika semua sudah beres tidak ada masalah maka dari  itu Brosis wajib ulik bagian aksesoris, yang mana sering kita lupa soal daya dari mobil sendiri sampai berapa dan khilaf memasang aksesoris yang justru hanya memberatkan saja. Nah, mesin mobil kerap mati karena masalah ini sudah sering terjadi. Tipsnya agar tidak sering mati bisa dilakukan upgrade alternator mobil, peningkatan daya baterai, sampai perawatan rutin sistem kelistrikan.

Sebelumnya simak juga tips otomotif : Apa Saja Penyebab Temperatur Mobil Naik?

Beberapa penyebab di atas memang kerap terjadi, maka dari itu ada baiknya segera bawa ke bengkel resmi jika sudah terjadi masalah. Lantaran jika belum teratasi juga hanya akan memperburuk saja, gampang kumat istilahnya.